Bupati Karo : Optimis BPTD Sumut Lanjutkan Dermaga Tongging

POLSUSWASKIANA SUMUT KARO, Dermaga tahap I sudah dilaksanakan pemasangan tiang pancangnya pada tahun 2019 lalu, tiang pancang sebanyak 20 tiang ini dipasang oleh CV Ridho Pratama yang dinilai mangkrak beberapa bulan.

Untuk itulah Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kepala Bappeda, Ir Nasib Sianturi, Kadis PUPR, Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kadis DPMD Abel Tarawai Tarigan,Kadis Pariwisata, Munar Ginting, Kadis Perikanan Sarjana Purba, SSTP, Sekretaris Dinas Perhubungan, Budiman Sinulingga, Camat Kecamatan Merek, Juspri Nadeak, meninjau pembangunan Dermaga tahap I, pada Selasa 14 Januari 2020 sekitar pukul 15.00 Wib di Tongging Kecamatan Merek.
Bupati manyampaikan, kita tetap optimis pihak Balai Pengelolah Transportasi Darat ( BPTD ) Wilayah II Provinsi Sumut, selaku penyelenggara akan melanjutkan pembangunan tahap II ujarnya.

Setelah meninjau langsung kelapangan, Bupati akan kembali mengingatkan baik secara lisan maupun tertulis kepada pihak yang berkompeten dalam hal ini BPTD Wilayah II Sumut, paling tidak Maret sudah dikerjakan.

Dengan adanya pembangunan Dermaga Tongging ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas fungsi untuk mendukung kemudahan system penyebrangan barang dan orang serta dapat dimanfaatkan sebagai Dermaga Parawisata dalam mendukung kegiatan Geopark Kaldera Danau Toba, disamping itu, keberadaan Dermaga ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, mewujudkan transportasi Danau yang efektif dan efisien, tentu dengan didukung SDM transportasi yang berkompeten sesuai dengan visi dan misi Kab. Karo, jelas Terkelin.

Sementara itu Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi mengatakan, ditahun 2019 telah dipasang 20 tiang pancang, dan tahun 2020 ini akan dilakukan pembangunan fisik, yakni pembangunan terminal ,lahan parkir dan fasilitas pendukung lainnya,katanya.

Sianturi melanjutkan,pembangunan Dermaga Tahap II akan dimulai pada Bulan Maret mendatang 2020 mendatang,sekarang sudah mulai proses tender dan diperkirakan akan selesai bulan Desember 2020, hingga saat jelang Natal dan Tahun Baru nantinya Dermaga ini sudah bisa dioperasikan,pungkasnya.

Sedangkan Kadis Pariwisata Munar Ginting juga menjelaskan, sangat berharap pembangunan Dermaga ini segera terwujud, karena ini adalah salah satu penunjang kemajuan dunia parawisata Kab. Karo, tentu dengan adanya Dermaga sudah dapat dipastikan kegiatan dan wisatawan akan bertambah dan tentu juga akan menambah PAD Kab. Karo,ujarnya singkat.
Red – Lia Hambali.

Filed in: Uncategorized

Comments are closed.