CPNS Harus Menyerahkan Perhiasan dan Tenteng Sepatu Saat CAT.

Peserta CPNS Wajib Lepas Perhiasan HP dll….. Tanah Karo.

POLSUSWASKIANA SUMUT KARO. Pelaksanaan CAT pada CPNS kali ini menjadi hiburan juga merupakan kewajiban terkhusus yang menggunakan perhiasan.

Para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) yang berjumlah ribuan mengikuti System Computer Asissted Test ( CAT ) ini mendadak riuh dikarnakan panitia menyuruh membuka sepatu sebelum memasuki ruangan, akibatnya ribuan peserta menenteng sepatunya masing – masing kedalam ruang kelas yang telah disediahkan.

Selain itu ada juga peserta pelamar CPNS dari luar kota yang ikut,yakni dari Aceh, Tebing Tinggi, Langkat, Binjai, Medan dan Pematang Siantar, tampak kebingunan saat berada di Posko Regestrasi, sebab mereka diwajibkan menyerahkan perhiasan yang mereka pakai, seperti kalung,anting-anting, cincin, jam tangan, handphone dan android, barang – barang ini kemudian dimasukkan kedalam plastik hitam besar yang telah disediahkan panitia, selanjutnya disimpan ditempat yang aman, baru peserta boleh memasuki ruangan untuk mengikuti tes dan berharap mendapatkan nilai yang memuaskan.

Para peserta juga diedukasi budaya antri sesuai nomor peserta yang telah dimiliki serta diregestrasi oleh panitia,hingga peserta tidak lagi berebutan masuk kedalam ruangan,sebab nomor urut 01 – 1200 peserta sudah diatur dalam enam season, sedangkan satu season berjumlah 200 peserta, kata Ketua Panitia penyelenggara Kepala BKD Kab.Karo Tommy Keriko.M. Sidabutar, AP melalui pengeras suara, saat digelar Simulasi Penerimaan CPNS tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan di Gedung SMP Negeri 3 Berastagi, Kec. Berastagi, Kab. Karo pada Sabtu pagi 18 Januari 2020 lalu.

Tommy menjelaskan,dalam pelaksanaan simulasi ini, kita cukup memberanikan diri berperan sebagai panitia, yang mana peserta dari 33 Kab.Kota Se-Sumatera Utara, hanya dua Kabupaten yang berani melakukan simulasi CAT CPNS yaitu Kab. Karo dan Kab. Pakpak Barat, pungkasnya.

Kepala BKD menambahkan, pelaksanaan simulasi ini kita buat dengan pola mandiri bukan cost sharing, sehingga dalam simulasi ini pihaknya selaku panitia berharap para peserta memahami apa yang telah dirasakan, untuk diketahui dan di ingat, karna saat kontestasi ujian sebenarnya tentu akan lebih ramai lagi dari peserta yang hadir sekarang ini, saat realnya nanti maka peserta semuanya berjumlah 7344 pelamar.. kata Tommy mengakhiri.

Hal senada juga diungkapkan Sigit Raharjo, TIM IT Kanreg VI BKN Medan,saat ujian nantinya peserta tidak diperbolehkan memakai sepatu dan perhiasan,yang diperkenankan hanya membawa kartu ujian,KTP Elektrik.

Sementara itu Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH memperagakan dan memperlihatkan kepada para peserta,sambil menunjukkan KTP dan kartu ujian salah satu peserta.
Disela-sela Bupati memperagakan cara mengikuti tes, Sigit melanjutkan himbauannya,saya tegaskan jangan membawa apapun selain yang telah kita tentukan, apabila para peserta tetap membawa barang yang dilarang keruang kelas,pasti ketahuan, karena dipintu masuk akan kita adakan screen body,nah saat ditemukan akan kita pertanyakan kepada peserta, apakah unsur sengaja atau karna kelalaian, nanti ada tim yang menentukan dan akan kita buat berita acara, tegas Sigit.

Sedangkan Bupati Karo juga mengingatkan bahwa tidak ada praktek kolusi dan nepotisme dalam penerimaan CPNS nantinya,hati-hati jangan percaya hoax dan orang yang menjanjikan dapat membantu kelulusan saudara/i, apabila ada yang seperti ini segera kroscek kepihak panitia untuk menghindari penipuan. Kelulusan dan kesuksesan berada ditangan saudara/i dibarengi kemampuan yang dimiliki, ini akan mengantarkan saudara/i lulus, ikuti sesuai aturan yang telah disampaikan panitia, selain itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua TIM IT Kanreg VI BKN Medan,yang sudah sejak pagi melakukan monitoring dan pengawasan dalam simulasi CAT ini, hingga dapat berjalan tertib, aman dan nyaman, ujar Bupati mengakhiri.
Para peserta CPNS yang mengikuti simulasi dilingkungan Pemkab Karo tahun 2020 ini adalah para pelamar CPNS Formasi tahun 2019 yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi sesuai pengumuman Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Pemkab. Karo Nomor : 800/5509/BKD/2019 tertanggal 26 Desember 2019.

Turut hadir pada acara simulasi ini, Wakil Bupati Karo Corry Sebayang, Wakil Ketua DPRD Karo David Sitepu, Sekda Kab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, Msi, Asisten III Muliana Tarigan, Kepala Inspektorat Philemon Brahmana, Kakan Kesbang Tetap Ginting, Sekwan Kab. Karo, Petrus Ginting, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Dirut RSU Kabanjahe dr. Arjuna Wijaya, Kabid SMP Sugianta Ginting, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sri Henny Saragih dan unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Red – Lia Hambali.

Filed in: Uncategorized

Comments are closed.