7:14 pm - Friday December 15, 2017

Kaban BPBD Kabupaten Kampar : Menghimbau Harus Waspada Sebelum Terjadinya Banjir

PKRI News Kampar,Riau – Memasuki musim penghujan akhir-akhir ini Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar Santoso menghimbau agar masyarakat selalu Waspadai dampak hal tersebut yakni banjir, sebab ini menyangkut dengan kemaslahatan masyarakat banyak.

“Kita harus Waspadai potensi terjadinya musibah banjir karena akhir-akhir ini Kabupaten Kampar hampir tiap hari diguyur hujan, begitu juga wilayah Sumatera Barat yang berimbas kepada derasnya aliran disungai Kampar melalui jalur PLTA Koto Kampar”. tutur Santoso Senin, 28/11/2016santoso

Dijelaskannya, hal tersebut diperkuat dengan informasi yang didapat dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau tentang potensi banjir di Kabupaten Kampar akhir-akhir ini.

Berkaitan dengan itu pula BPBD Kabupaten Kampar menghimbau agar masyarakat selalu waspada jika hal ini terjadi. “Himbauan kami kepada masyarakat agar mempersiapkan tempat menyimpan barang/surat-surat berharga/ternak-ternak ketempat yang aman dan mudah diambil seketika terjadi banjir”. Ucapnya

Selanjutnya ucap Santoso, menyiapkan tempat yang lebih tinggi dalam rumah untuk mengamankan barang-barang dan surat berharga, memastikan tempat pengungsian yang aman dan strategis bila terjadi banjir, membersihkan parit/got/saluran dan sungai dari sampah.
Santoso juga mengatakan bahwa agar masyarakat melalui aparat desa selalu berkoordinasi dengan Camat serta Dinas terkait untuk selalu memonitor dan mencari informasi terjadinya bencana banjir.

“Yang jelas kita tidak mengharapkan terjadinya bencana banjir di Kabupaten Kampar namun kita harus waspada terhadap hal tersebut, untuk itu mari kita selalu berdoa kepada Allah Swt agar kita terhindar dari musibah banjir”. Himbaunya. (kamparkab 02)

Red:Unandra

Filed in: PKRI News

Comments are closed.