7:51 pm - Saturday September 23, 2017

Kapolres Kampar Ikut Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-88

kapolres-kampar-irup-upacara-hari-sumpah-pemuda-ke-88

PKRI News – Kampar,Riau .jumat, 28 Oktober 2016 “Beri Aku 1000 orang tua, Niscaya akan kucabut Semeru. Beri aku 10 Pemuda, Niscaya akan kuguncang Dunia”. Hal ini yang diteriakkan Bapak Bangsa Tokoh Pemuda masa itu Bung Karno yang terkenal dengan kalimat ini. Demikian dikatakan Kapolres Kampar Edy Sumardi, S.I.K ketika mewakili Bupati Kampar menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-88 Tahun 2016 dilapangan Pelajar Bangkinang Kota.

Kapolres Kampar Edy Sumardi, S.I.K yang juga membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi menambahkan data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda diindonesia sesuai dengan Undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 Juta orang. Atau 24,5% dari total jumlah penduduk indonesia yang mencapai 252 Juta orang (BPS, 2015).

 Selain itu secara kuantitas angka 24,5% ini cukup besar, Ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka disebut dengan bonus demografi,dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik terttinggi dalam sejarah bangsa ini ungkapnya.

Bonus Demografi menjadi peluang yang sangat strategis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan. Artinya rasio yanf dapat digambarkan bahwa disetiap 100 penduduk Indonesia terdapat 64 orang penduduk Indonesia usia produktif ujar Kapolres Kampar Edy Sumardi, S.I.K.

Dalam Pembacaan Teks Pidato tersebut Kapolres Kampar Edy Sumardi, S.I.K juga menambahkan tidaklah cukup untuk bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan diperhitungkan dikancah Dunia dengan hanya membutuhkan penduduk produktif saja melainkan harus memiliki pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan vis besar dalam menatap Dunia.

“Hari ini adalah hari kwebangkitan anak muda Indonesia dengan keajuan teknologi, Pemuda Indonesia dari sabang hingga merauke tersus bergerak memberikan sembangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesasran bangsa Indonesia, terutama dimata Dunia”.

Rasanya tidak cukup jika harus menuliskan semua nama Pemuda Indonesia yang hari ini mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional. Tokoh-tokoh Pemuda yang disebutkan tadi hanyalah contoh untuk mengingatkan kembali pesan bung karno bahwa dengan Pemuda yang hebat, kita benar-benar bisa menaklukan Dunia. Jumlah yang besar saja tidaklah cukup tanpa dimbangi kualitas pemuda papar Kapolres Kampar Edy Sumardi, S.I.K.

Peserta Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-88 tersebut dihadiri Seluruh Satuan Kerja Perangkar Daerah (SKPD) kabupaten Kampar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah kabupaten (Forkopinda), Aparatur Sipil Negara, Komite nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kampar, Para siswa dan siswi SMA 1 Bangkinang, SLTP. (Humas Kampar/08/Unan)

Red:Unandra

Filed in: Kultur Budaya

Comments are closed.