6:57 pm - Friday December 15, 2017

Kasdam V/Brawijaya Hadiri Upacara Hardiknas Ke-108 TH 2016

Mabes-pkri.or.id – Pendam5,.-Surabaya, Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Rahmad Pribadi menghadiri upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 tahun 2016, yang dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat 20/5/2016.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 tahun 2016 mengusung thema; “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter.” Peringatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan Boedi Oetomo yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo, kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 dan melahirkan Soempah Pemoeda. Melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya Negara Indonesia dapat memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

NKRI adalah negara demokrasi berlandaskan ideologi Pancasila, yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup di tengah masyarakat. Wilayah NKRI terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, terdiri dari 17.508 pulau, dihuni oleh penduduk sebesar 254,9 juta jiwa dengan 1.331 suku bangsa, 746 bahasa daerah, dengan garis pantai sepanjang 99.093 km2.

Menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa Indonesia secara konsisten untuk menjaga, melindungi dan memelihara tegaknya NKRI dari gangguan apapun, baik dari dalam maupun dari luar dengan cara menerapkan prinsip dan nilai-nilai nasionalime dalam kehidupan sehari-hari. Sejak diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia, bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun.
Hadir pada upacara tersebut, Kasdam V/Brawijaya, Kasgartap III/Surabaya, Kasarmatim, Danlanud Surabaya, Danlantamal V Surabaya, Waka Polda Jatim serta sejumlah pejabat sipil lainnya.(Unandra/rls/@ATR)
Filed in: PKRI News

Comments are closed.