6:57 pm - Monday November 20, 2017

Komitmen dan Konsisten Menjaga Keutuhan Nasional Kunci Menangkal Radikalisme

Bupati Soekirman Ir H Soekirman :

 Komitmen dan Konsisten Menjaga Keutuhan Nasional Kunci Menangkal Radikalisme

 Photo Bersama
PKRI-Investigasi, Dolok Merawan.

Tindak kejahatan terorisme oleh kelompok-kelompok Islam radikal telah menjadi masalah keamanan laten pada level global. Indonesia sebagai negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia dan potensi geopolitik yang strategis, tak luput pula dengan permasalahan ini. Sebagai respon atas hal ini, Pemerintah Indonesia telah meningkatkan upaya kontra terorisme dengan pendekatan aspek keamanan dan membuat ragam kebijakan melawan radikalisasi.

Sebagai Upaya menyikapi hal tersebut serta penanganan kontra radikal dan deradikalisasi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Sosialisasi Kontra Radikal dan Deradikalisasi yang dilaksanakan di Aula PTPN-III Kebun Gunung Para Kecamatan Dolok Merawan, Rabu sore (22/4).

Turut hadir dalam acara Manager PTPN III Kebun Gunung Para H. Alamsyah, Kasat Intel Polres Tebing Tinggi AKP Antoni Rajaguguk, Mewakili Distrik Manager Serdang I PTPN III Ardiansah SE MM, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Dolok Merawan M Syafransyah P Nst, S. STP, para KUPTD Pendidikan, Kepala Desa se-Kecamatan Dolok Merawan, tokoh masyarakat dan agama, para Kepala Sekolah dan Guru se- Kecamatan Dolok Merawan.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam arahannya mengatakan penghayatan nilai- nilai Pancasila perlu dibumikan kembali dalam seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Warga negara dan aparat penegak hukum harus bersama-sama konsisten dengan komitmen guna menjaga keutuhan nasional dan ketahanan bangsa dan negara Indonesia. Dan salah satunya yang dapat dilaksanakan dengan mensosialisasikan secara benar pemahaman tentang Radikalisme di tengah masyarakat.

Permasalahan yang kita hadapi saat ini ada tiga perihal yakni menurunnya wibawa pemerintah, permasalahan ekonomi yang tidak stabil dan permasalahan intoleransi antar-agama yakni sekelompok orang yang tidak toleran. “Mereka itu minoritas sehingga tidak bisa digeneralisasi keseluruhan umat beragama. Untuk itu perlu dibangun ketahanan nasional agar cita-cita para pejuang kemerdekaan untuk mewujudkan negara adil, makmur dan sentosa dapat terwujud, ujar Bupati Soekirma.

Pada kesempatan yang sama mewakili Kapolres Tebing Tinggi Kasat Intel AKP A. Raja Gukguk yang juga sekaligus sebagai nara sumber dalam sambutannya mengatakan pengefektifan program radikal dan deradikalisasi agar kepada semua yang hadir untuk sama-sama mengantisipasi paham-paham radikal yang dapat memecah belah persatuan dan pertentangan dalam masyarakat. Kepolisian sangat berharap peran aktif dari masyarakat untuk menginformasikan segala hal yang berhubungan dengan radikalisme agar dapat segera di antisipasi, ungkap Kasat Intel A. Raja Gukguk.

Teks Photo :

PHOTO BERSAMA : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Dolok Merawan M Syafransyah P Nst, S. STP dan perwakilan Kapolres Tebing Tinggi AKP A. Rajagukguk photo bersama dengan para peserta Sosialisasi Kontra Radikal dan Deradikalisasi bertempat di Aula PTPN-III Kebun Gunung Para Kecamatan Dolok Merawan, Rabu (22/4).  B. Raja Gukguk

Filed in: Investigasi PKRI

Comments are closed.