2:36 am - Wednesday November 21, 2018

KONFRENSI PERS – SOSIALISASI “MENGURAI KEBIJAKAN PEMKAB PATI TERKAIT SAAT PANEN HARGA JATUH”.

SOSIALISASI “MENGURAI KEBIJAKAN PEMKAB PATI TERKAIT SAAT PANEN HARGA JATUH”.

PKRI CADSENA JATEN – PATI. Pati, kegiatan    FORUM GROUP DISCUSSION(FGD)  diadakan setiap bulan ,pada kesempatan ini membahas tema ” Mengurai kebijakan pemkab saat panen,harga jatuh”

Narasumber yang hadir dalam bpk sujono dari kantor ketahanan pangan,  Kabid perdangan  bpk Rekso suharsono ,pujo cahyono (Dispertan,) Agus sunarko dari Humas setda kabupaten Pati Dan d Rekan rekan wartawan pati.
Dari usulan para wartawan:
1.petani pati umumnya petani gurem sangat membutuhkan suntikan “
2.Untuk bawang merah karna tidak bisa di stock lama ,maka  petani berharap ada sosialisasi sebelum panen.karna selama ini yang diuntungkan adalah pedagang.walaupun harga anjlog tidak ad pengaruh.
Mengharapkan di bentuk kelompok 2 dan di beri bantuan gudang.biar bisa mengamankan hasil produksi.
Dan harus memiliki dana talangan dan harga bagus yang bisa memberi harapan cerah pada petani.
Pak Alwy Alaydrus menayakan  “Bagaimana skenario masalah harga panen petani dan masalah pemkab dalam menangani masalah tersebut.dan untuk bulog standart mainnya dri pusat bagaimana untuk menangani di daerah.
Rekso suharsono selaku kabit perdagangan dari Disperindag kabupaten pati menanggapi pertayaan dari beberapa wartawan mengatakan” kami mengacu permendag 27 yang menjadi acuan untuk mengatur sistem perdagangan.Dan kami juga bersama Dispertan  mengajukan proposal untuk gudang beras,atau gudang bawang merah.”
“Saya setuju dengan bumdes karna modalnya cukup lumayan diharapkan bumdes di saat panen bisa ikut andil pembelian hasil panen ,dan mengolah/dikemas dan di pasarkan.Diharapkan bumdes bumdes bisa ikut membantu petani dalam mengatasi pasca panen.”tuturnya
Dari bulog terkait dengan impor untuk menambah cadangan pangan pemerintah ,Tidak akan mempengaruhi pembelian hasil panen petani. hasil panen raya.akan di simpan dulu.Jadi masalah impor tidak akan mempengaruhi harga pembelian dr petani.
Pujo cahyono dalam sambutanya””tugas dispertan adalah untuk meningkatkan produksi dan stetmen tetap masih berpatok pada konsumen tapi untuk produksi dari dispertan mendukung sepenuhnya.dan rata produksi kita rata rata tidak tahan lama.untuk penjadwalan masa tanam harus bisa dijaga supaya bisa sesuai dengan kebutuhan biar panen tidak. Serempak  sehingga tidak ambruknya harga penjualan
Sambutan dari humas setda agus narko” kalau kita berbicara hibah harus organisasi.untuk semua media kita rangkul di bidang yang positif dan ada apresiasi yg baik.diharapkan bisa tertib administrasi .diharapkan seluruh media media baik cetak maupun online di haruskan berbadan hukum dan setidaknya harus PT. Supaya di mata hukum kuat.
Untuk itu semua syarat legalitas dari masing masing media”.tuturnya
Agus sunarko juga menambahkan”Kita dukung perda kita dorong Dipermades untuk mengoptimalkan Pungsi bumdes untuk bidang pertanian .
 pujo cahyono dalam sambutanya mengatakan untuk kegiatan awalnya di beri suntikan bagi gapoktan.sebagai cntoh di soko bubuk bisa berubah besar menjadi simpan pinjam yang tadinya modal kecil.peran dispertan disini   menghimbau untuk penundaan hasil penjualan pasca panen.tapi sementara gudang gudang di masing masing desa belum banyak yang ada . untuk sementara baru ada gudang gudang kecil dan untuk  tehnologi pengolahan pun masih sangat sederhana. Impor untuk menambah cadangan 280rb  ton tidak akan merubah kebijakan  pemerintah.untuk gapoktan dan KTNA bisa kirim hasil panennya kepada Bulog dengan ketentuan 14% kadar air 20 % gapoktan punya lisensi dari pertanian. KTNA belajar menganalisa beras.   penyerapan untuk sementara ini tidak terpenuhi .BULOG dan pemkap mengumpulkan mitra harus ditarget 1 tahun berapa ton.
pujo cahyono pertanian mengiyakan bahwa pemrintah belum berpihak pada petani. tapi kepda produsen. baru di bidang produksi bibit. pestisida dan alat2 pertanian.
Red-(biropati)
Filed in: Uncategorized

Comments are closed.