6:49 am - Wednesday January 24, 2018

Leadership Award 2017, Riza Falepi: Penghargaan Untuk Masyarakat Payakumbuh.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat menerima Leadership Award 2017 dari Mendagri – Tampak Juga Walikota Balikpapan H. Rizal Effendy.

RADAR PKRI РSUMBAR, Payakumbuh. Sesuai dengan amanat peraturan pemerintah daerah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah dan permendagri nomor 43 tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja kementerian dalam negeri.

Kepala daerah dituntut untuk terus mengadopsi sekecil apapun inovasi. Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada sambutannya di acara malam penghargaan Innovative government award 2017 dan Leadership Award 2017, Senin (18/12/2017) di Jakarta.

Mendagri menyampaikan, kementerian dalam negeri tetap mengamati keragaman daerah dan pola kepemimpinan pada masing-masing Provinsi, Kota dan Kabupaten yang ada di Indonesia.

Janji kampanye masing-masing kapala daerah menjadi catatan kementerian sejauh mana realisasi yang sudah dilakuakan.

“Selain tim kementerian yang melakukan observasi langsung, update media lokal juga menjadi bagian dari observasi dan penilaian terhadap daerah dan pemimpinya. Dari hasil pengamatan dan observasi kami sesuai dengan janji kampanye kepala daerah, hal itu sebagian sudah terwujud walau belum seratus porsen,” kata Mendagri.

Penghargaan kepemimpinan 2017 itu diterima oleh 5 Gubernur, 7 Wali Kota dan 12 Bupati di Indonesia. Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Bupati Agam, Indra Catri dan Sijunjung, Yusfir Arifin berhasil meraih penghargaan tersebut melalui beberapa proses penilaian.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, sebuah inovasi bagaimanapun perwujudan dari proses kreativitas yang memiliki nilai tertentu. Jika hubungan baik antara pemimpin dan yang dipimpin baik, kreativitas akan muncul dan berkembang dengan sendirinya.

Dirinya mengaku, menjadi kepala daerah tidak akan jauh dari sebuah dilema dalam berinovasi. Antara bergerak cepat, menerobos aturan dan mengabaikan proses konsultasi publik dan menjalani proses demokratis yang memakan waktu.

Disamping itu selaku Wali Kota dirinya melakukan beberapa pengamatan langsung untuk pembangunan, pengembangan usaha masyarakat yang sedang berjalan.

“Untuk pembangunan semua sektor lebih baik di Kota Payakumbuh, menjadi tanggung jawab kita untuk berbicara dengan DPRD, Niniak Mamak, Komunitas dan pelaku usaha yang ada terkait dengan aturan yang ada. Selain itu hubungan interpersonal yang baik antara pemimpin dan yang dipimpinnya melalui berbagai diskusi juga dilakukan,” imbuh Riza.

Riza menambahkan, penghargaan yang diterima tidak terlepas dari dukungan serta kerja keras seluruh elemen masyarakat Kota Payakumbuh.

“Penghargaan ini adalah penghargaan untuk kita masyarakat kota Payakumbuh. Semoga kedepan melalui penghargaan ini pemerintah dapat meningkatkan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Saya memaknai leadership award ini merupakan hasil kerjakeras warga payakumbuh. Sisi positif dari anugerah ini adalah agar kepala daerah lain terpacu untuk terus bekerja lebih baik,” pungkas Riza.

Red-Minangkabau News (Rino)

Filed in: Uncategorized

Comments are closed.