7:27 pm - Sunday December 16, 2018

Maha Karya Anak Bangsa Penerus Sejarah.

BADUNG РDENPASAR. Indonesia bukan hanya mewarisi karya-karya besar peradaban bangsa masa silam Candi Borobudur dan Candi Prambanan, tapi sekarang pun bisa berkarya, berkreasi untuk membangun dan melahirkan mahakarya yang baru, mengagumkan kita semua, yang juga diakui dan dikagumi dunia.

Di Kabupaten Badung, Bali, kini berdiri mahakarya anak bangsa itu, berupa patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Saya meresmikan salah satu patung tembaga terbesar di dunia ini, kemarin.

Patung GWK memadukan karya seni budaya bangsa dengan kemajuan teknologi, melalui riset, dengan ilmu pengetahuan yang baru. Konstruksinya dari tembaga dan kuningan, ditopang 21.000 batang baja seberat 2.000 ton dan dirangkai dengan baut sebanyak 170.000 buah.

Mulai dibangun sejak 28 tahun lalu, GWK akhirnya selesai dan kini berdiri menjulang setinggi 121 meter — lebih tinggi dari Patung Liberty di Amerika Serikat.

Saya percaya patung GWK ini akan mampu bertahan ratusan tahun lamanya, akan tetap menjadi karya peradaban yang dibicarakan, yang menjadi kebanggaan, dan warisan kebudayaan bangsa Indonesia.

Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak I Nyoman Nuarta atas gagasan besar, keberanian, dan ikhitiarnya bersama semua pihak yang mendukung terwujudnya Patung GWK.

Filed in: Investigasi PKRI

Comments are closed.