4:08 am - Friday September 22, 2017

“Konsumen Kampar Utara Kecewa Pelayanan PLN Rayon Bangkinang” Listrik Padam Terus!!!

PKRI News Kampar Utara, Riau -Kamis 30/03/2017. Masyarakat Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar – Riau, mengeluh dan Kecewa pemadaman listrik yang hampir setiap hari terjadi di wilayah tersebut, dari dampak pemadaman ini meresakan dan sangat mengganggu kegiatan bisnis usaha rumah tangga milik Masyarakat seperti usaha jahit, cukur rambut serta pembuatan kue.

“Lampu setiap hari pasti padam ketus warga, kejadian ini hampir sepekan terjadi berturut turut, padahal kami pelanggan tidak pernah telat membayar rekening listrik, bagaimana bisa PLN yang adalah milik negara memiliki bisnis yang rugi dalam menegemennya, jika PLN merugikan ganti saja dengan sistem penerangan lain yang lebih baik dan terjangkau.

Pelayanan PLN Rayon Bangkinang perlu dipertanyakan, Warga masyarakat merasa seharusnya kalau ada pemadaman listrik setidaknya ada himbauan kepada Masyarakat, kan sudah ada bidang masing masing dalam menegemen PLN, kok pihak sitepalen tidak memberitahukan kepada head office akan kerusakan atau kendala di site akan kondisi medin genset yang nota bonenya sudah harus diganti atau bagaimana lah itu kata salah seorang warga “jangan main padam aja donk, apalagi padam nya bukan sebentar terkadang sampai lima jam, ini justru menganggu dan merugikan konsumen,” keluh Darwis salah seorang tokoh pemuda, kepada Awak Media  pada Rabu (29/03/2017).

Sambung Darwis menegaskan, seharusnya PLN melakukan evaluasi terhadap kinerjanya, apakah selama ini telah memberi pelayanan yang baik atau tidak, jangan ketika ada Masyarakat yang menunggak terhadap pembayaran rekening listrik, PLN langsung melakukan tindakan dan bahkan sampai melakukan pemutusan atau mendenda warga sementara PLN sendiri pelayanannya tidak maksimal, hal ini tidak baik” bebernya.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 8 TAHUN 1999 PASAL 4  TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Hak konsumen adalah:

  1. hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsurnsi barang dan/atau jasa;
  2. hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
  3. hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
  4. hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan / atau jasa yang digunakan;
  5. hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
  6. hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
  7. hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
  8. hak untuk mendapatkan komnpensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;
  9. hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Firdaus yang sehari – hari berprofesi sebagai tukang cukur rambut bahwa ia sangat kecewa dengan pelayanan PLN Rayon Bangkinang, kalau sering terjadi pemadaman apalagi padamnya tidak sebentar hal ini tentu berdampak dengan omset yang saya dapat, bagaimana saya melakukan pekerjaan, sementara pekerjaan saya berhubungan dengan listrik kalau sedang potong rambut listrik padam kan payah juga, terpaksa pakai ginset dan ini tentu tidak maksimal,” ungkapnya.

lebih lanjut Firdaus mengatakan, “berharap kepada pihak PLN Rayon Bangkinang memperbaki kinerja dan pelayanannya supaya pelanggan tidak mengalami kerugian, jikalau ada pemadaman harap di informasikan agar masyarakat jangan bertanya- tanya, ini tidak terkadang lima ( 5 ) jam menunggu lampu baru hidup, “harapnya.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan Manager PLN Rayon Bangkinang belum dapat dikonfirmasi.

Redaktur:Unandra

Filed in: PKRI News

Comments are closed.