6:59 pm - Friday December 15, 2017

Melaksanakan Kunjungan Kerja Kapolda Riau Mengunjungi Polres Dumai

PKRI News Dumai,RiauJumat, 10-03-2017.Kapolda Riau, Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara dan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Riau bersama Rombongan disambut gembira di Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai, Kamis (09/03/2017) siang sekira pukul 11.50 WIB. Kunjungan yang disambut penuh gembira tersebut merupakan kunjungan kerja Kapolda Riau dan Ketua Bhayangkari Daerah Riau.
Kedatangan orang Nomor Satu se-Polda Riau ini turut didampingi sejumlah Pejabat Polda Riau lainnya yang terdiri dari Karo SDM Polda Riau Kombes Pol Benny Subandi SIK MSi, Dir Sabhara Polda Riau Kombes Pol Drs. Zulkifli MH, Dir Intelkam Polda Riau Kombes Pol Trijan Faisal beserta Ibu, Dir Lantas Polda Riau Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamoji SH MH, Dir Pol Air Polda Riau Kombes Pol Ir. Kasmolan, Kasat Brimob Polda Riau Kombes Pol Pradah Pinunjul SIK MM, Kepala Bidang Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr. Asmara Hadi, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo SIK MM beserta 4 (empat) Staf Humas Polda Riau, Ka Sub Dit Provost Polda Riau AKBP Taufik Hidayat, Koorspripim Polda Riau AKBP Wawan Sunarwirawan SIP MT beserta 3 (tiga) Staf Spripim Polda Riau, Ibu Waka Polda Riau dan Ibu Dir Reskrimsus Polda Riau.
Setibanya di Mapolres Dumai, kedatangan Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara bersama Rombongan disambut langsung oleh Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi bersama Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Kota Dumai, Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli As, MSi, Tokoh Masyarakat Kota Dumai Timo Kipda, sejumlah Pejabat Polres Dumai dan Ibu Bhayangkari Cabang Kota Dumai dan sejumlah tamu undangan lainnya.
Usai melihat semangat dan antusias penyambutan di Mapolres Dumai, dihadapan seluruh jajaran, Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara menyampaikan ucapan terimakasih atas semangat dan dedikasi dalam penyambutan yang telah dilakukan. “Semangat dan dedikasi dalam penyambutan ini diharapkan selalu ada didalam jiwa anggota Kepolisian dan sentiasa direalisasikan maupun diberikan kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan yang tulus dan ikhlas serta senantiasa rendah hati,” tegas Kapolda Riau dihadapan seluruh tamu undangan dan jajaran Mapolres Dumai.
Puncak kegiatan Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara dan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Riau bersama Rombongan terus berlanjut diantaranya ialah melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah di Masjid Habiburrahman Kota Dumai Jalan H.R. Soebrantas. Dimana dalam kesempatan ini, Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara memberikan bantuan secara simbolis berbentuk Mukenah dan Al-Quran yang diterima langsung oleh Imam Masjid Habiburahman Ust. Drs. H. Asyari. Dilanjutkan Makan Siang Bersama Walikota Dumai di Balai balai Kediaman Walikota Dumai di Jalan Puteri Tujuh Kota Dumai.
Kemudian dilanjutkan dengan Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara dan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Riau bersama Rombongan melaksanakan Silaturrahmi bersama Pemerintah Kota Dumai, TNI, Tokoh Masyarakat Kota Dumai, Tokoh Agama Kota Dumai, Tokoh Adat Kota Dumai, Mahasiswa BEM se-Kota Dumai, Organisasi Masyarakat (Ormas), Pengusaha dan seluruh elemen masyarakat Kota Dumai dengan jumlah yang hadir sekitar 400 orang.
Walikota Dumai Drs. Zulkifli AS MSi, mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Kapolda Riau dan Rombongan ke Kota Dumai. Selain tugas Polri, menciptakan situasi aman dan kondusif juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. “Kedatangan dalam rangka kunjungan kerja Kapolda Riau dan Rombongan ke Kota Dumai bagi kita ini merupakan kebahagiaan, melihat Kota Dumai masih banyak hal positif. Kondisi Kota Dumai kini mengharapkan masuknya investasi, namun tentu dengan situasi masyarakat kita dapat menciptakan iklim yang kondusif agar para investor dapat masuk,” ucap Walikota Dumai.
Sementara dalam sambutannya Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara mengatakan bahwa kunjungannya dan seluruh rombongan ke Kota Dumai merupakan salah satu cara untuk bersilaturrahmi dengan Pemerintah Kota Dumai dan masyarakatnya.
“Dalam penerimaan Polisi tidak ada pemungutan biaya alias gratis dan saya memastikan hal tersebut. Dan bila ada oknum yang meminta agar segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian terdekat. Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Dumai yang memiliki Lembaga LKKMD yang bertujuan untuk mempersatukan beragam masyarakat. Paham Komunis merupakan musuh bangsa yang utama dikarenakan bertentangan dengan Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Tugas Kepolisian yaitu Harkamtibmas, melindungi, mengayomi, dan melayani, serta penegakan hukum harus bersinergi dengan masyarakat terutama para Bhabinkamtibmas,” tegas Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara.
Situasi yang ada di wilayah Kota Dumai berbatasan langsung dengan Negara Luar seperti Malaysia dan Singapura, hal itu yang menyebabkan kerawanan Penyelundupan Barang-barang Ilegal dan Penyelundupan Narkoba.
“Karhutla diwilayah Kota Dumai tahun 2016 terdapat 16 Kasus dan 20 Tersangka, dan Kepolisian bekerjasama dengan instansi-instansi terkait agar di tahun 2017 Riau khususnya Kota Dumai bebas dari Asap. Sementara Narkoba, Judi, dan Prostitusi adalah hal-hal yang harus dihindari, “pungkas Kapolda Riau.
Adapun giat Silaturrahmi Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara dan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Riau bersama Rombongan bersama Pemerintah Kota Dumai, TNI, Tokoh Masyarakat Kota Dumai, Tokoh Agama Kota Dumai, Tokoh Adat Kota Dumai, Mahasiswa BEM se-Kota Dumai, Organisasi Masyarakat (Ormas), Pengusaha dan seluruh elemen masyarakat Kota Dumai tersebut diakhiri dengan Penyerahan Cinderamata, Doa dan Penutup.
Tak berhenti sampai disana, Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara dan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Riau bersama Rombongan melanjutkan kegiatan menuju Ballroom Hotel Grand Zuri Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Bintan Kecamatan Dumai Kota untuk memberikan arahan kepada seluruh pejabat dan personil Polres Dumai.
Sebelum menyampaikan arahannya, giat tersebut dibuka dengan diawali Laporan oleh Perwira yang ditunjuk yakni Kabag Ops Polres Dumai Kompol Sasli Rais SH.
Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi dan penyampaian laporan kesatuan antara lain ialah menyamakan persepsi dengan Walikota Dumai bahwa telah dibentuk Lembaga LKKMD guna untuk menengahi konflik yang ada di Kota Dumai.
“Pelabuhan rakyat yang ada telah disambangi oleh para Bhabinkamtibmas demi memantau barang-barang yang masuk serta muatan penumpang. Keberadaan personil Polres Dumai saat ini hanya 60 persen. Pihak Polres Dumai telah berkoordinasi dengan Pemko dalam hal peremajaan Mako Dinas yang ada di Polsek Polsek. Kasus yang terjadi di wilayah hukum Polres Dumai relatif kondusif dan lebih banyak kejahatan konvensional. Dan program bertajuk Duduk Besile bertujuan untuk berdialog kepada seluruh masyarakat terkait permasalahan yang ada di masyarakat. Dan kasus Laka Lantas yang terjadi di Kota Dumai dominan akibat Mobil Tangki. Sementara inovasi yang tengah dibuat oleh Polres Dumai disebut Dumai Zapin Bertuah,” papar Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi.
Sementara arahan Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara antara lain ialah mengenai LKKMD agar tetap menjalin hubungan baik. Kerawanan terhadap penyelundupan terlebih lagi bagi anggota yang bermain dengan narkoba akan ditindak tegas.
“Sementara Polwan yang ada di Polsek diharapkan dapat menangani kejahatan seksual yang saat ini sangat memprihatinkan. Dan saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Polisi Lalu Lintas Kota Dumai yang sudah membuat pengguna R2 Kota Dumai mematuhi peraturan Lalu Lintas hingga 90 persen,” pungkas Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain.
Pantauan Tribratanewsriau.com dilapangan, selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali.
Redaktur:Unandra
Filed in: PKRI News

Comments are closed.