5:17 pm - Wednesday July 18, 2018

Melestarikan Budaya dan Mengembangkan Pariwisata Lokal Lewat Pesta Bolon “RAJA SONANG”

RADAR PKRI SUMUT. Pesta Bolon Raja Sonang yang digelar di Rianiate Desa, Pardomongan Kecamatan, Onan Runggu Kabupaten,

Samosir 8 – 13 Agustus 2018 mendatang diharapkan dapat melestarikan dan mengembangkan Pariwisata lokal. Kegiatan yang melibatkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah baik Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Samosir ini diharapkan mampu menyerap 1500 peserta dari keturunan Besar Raja Sonang yang tersebar di seluruh Dunia.

Tema di pesta bolon ini berthemakan “ Marhite Pesta Bolon Sedunia Tugu Raja Sonang, Tapapos Ma Rohanta Di Angka Holong Natogu “ Merupakan Salah satu wujud Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan juga merupakan tanda penghormatan kepada para leluhur / nenek moyong serta Pelestariaan Budaya Batak juga Pengembangan Pariwisata lokal.

“ Kita harapkan pagelaran ini dapat menarik minat masyarakat khususnya pomparan Si Raja Sonang yang ada di seluruh dunia untuk datang dan turut serta mendukung kegiatan pesta bolon.

Disamping itu juga, tentunya pagelaran pesta bolon dapat menarik minat para wisatawan, baik Wisnus dan Wisman yang ada di Pulau Samosir, menurut rencananya beberapa kegiatan yang akan digelar antara lain, peresmian pembangkit listrik tenaga surya dan pemberian komputer serta jaringan internet,

Tari Massal 5000 orang ( Rekor MURI ), Tarian Persembahan & Penganugarahan Tongkat & Ulos Batak untuk Presiden atau Gubsu dan lainnya,” Hal ini dikatakan oleh AKBP Purn. Wilmar Gultom kepada apakabar.com, di acara Persiapan Panitia Pesta Bolon, Sabtu (17/2/18) di Hotel Antares Jalan Sisimangaraja, Medan, Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui, sejak 10 tahun yang lalu di Rianiate Desa. Pardomongan Kecamatan. Onan Runggu Kabupaten. Samosir telah dibangun Monumen / Tugu Raja Sonang tempat digelarnya “ PESTA BOLON RAJA SONANG 2018 ” selama 6 hari 6 malam.

Secara keseluruhan, pelaksanaan persiapan panitia pesta bolon yang di hadiri oleh Ketua Umum DPP PERSADA M. Alboinsah Gultom dan Sekjen Junhaidel Samosir SH, MH dan anggota lain nya berlangsung aman, tertib dan berjalan dengan baik.

Red-***APC.

Filed in: Uncategorized

Comments are closed.