3:23 am - Thursday October 18, 2018

*MGMP Demi Meningkatkan Mutu Guru IPA*

*MGMP Demi Meningkatkan Mutu Guru IPA*

RADAR PKRI JAKARTA, Pada Kamis (26/7) siang. Berlangsung MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran di SMPN 264,Jalan Al Barkah 1 Rawa Buaya, Cengkareng, Jakbar.

Hadir 33 rekan-rekan guru IPA di SMP rayon Jakarta Barat I. Mereka adalah guru bidang studi Fisika,Kimia dan Biologi yang semuanya termasuk dalam kategori matapelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama.

Acara dibuka oleh Ahmad Muzakir MPd. mewakili Kepala Sekolah SMP 264 yang berhalangan hadir. Ahmad Muzakir adalah Wakil Kepala Sekolah di sekolah yang menjadi tuan rumah kali ini.

Acara yang dimulai Pukul 12.30 berisi agenda pertama, Diskusi program MGMP th. 2018/2019. Kedua, Diskusi perangkat pembahasan Kurikulum 2013 kls 7 & 8. Ketiga, dan Lain -lain.

Biasa undangan dapat diambil pada saat hadir di SMPN 264 setelah sebelumnya di-broadcast melalui whatsapp.

Menurut Ka. MGMP IPA JB 1
Saefurohman MPd. acara ini dilakukan untuk meningkatkan mutu guru IPA yang berada di wilayah Jakarta Barat 1.

“Minggu pertama setiap
bulan ada MGMP di tingkat DKI Jakarta. Minggu kedua di tingkat kotamadya. Minggu ketiga di tingkat Kecamatan. Dan Minggu keempat di internal sekolah masing-masing.” Jelas Saefurohman.

Pada MGMP kali ini yang paling menarik saat Gautami Putri Saleh MPd.memaparkan penemuannya bagaimana cara menghapalkan unsur Kimia dengan konsep “bermain”yaitu seperti konsep Jembatan Tally.

Menurut Gautami perangkat menghapal unsur Kimia ciptaannya sudah ia daftarkan ke Kemenkumham RI. Sehingga ia bisa menikmati royalti andai ada pihak perusahaan yang bersedia bekerjasama dengan dirinya untuk memperbanyak produk ciptaannya.

“Karena saya alumni SMP 88 Jakarta dan Alumni SMA 1 Maninjau,Tanjung Raya,Agam,Sumatra Barat maka keduanya saya berikan free untuk masing masing 1 unit berikut buku manualnya. Sedangkan,untuk SMP 264 sudah memesan 1 unit.” Kata Gautami setengah berpromosi.

Agar tidak jenuh dengan MGMP di ruangan, ada rencana aktivitas diluar seperti wisata ilmu di dunia teknologi.
“Pada 6 September 2018 rencana ke PT.Dirgantara Indonesia untuk pengembangan wawasan. Slamet dari PT.DI sebagai penyambut para guru IPA yang akan datang meninjau Perusahaan besar kebanggaan bangsa Indonesia itu.” kata Wakil Kepala Sekolah SMP 264 Ahmad Muzakir MPd.

Filed in: PKRI News

Comments are closed.