3:29 pm - Friday June 19, 6409

Ungkapan janji dan Ikrar JUKIR Menghadapi PAD 2019 Kota Semarang.

Ungkapan janji dan Ikrar JUKIR Menghadapi PAD 2019 Kota Semarang.

RADAR PKRI JATENG – SEMARANG. Tim Saber Pungli Gelar Ikrar Anti-Pungli Juru Parkir.
Semarang, Jawa Tengah. Ucap janji ikrar anti- pungli itu dipimpin langsung oleh Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar( Saber Pungli ), AKBP Enriko Sugiharto Silalahi.

Dalam pembacaan ikrar anti-pungli tersebut, ratusan juru parkir resmi yang terdata di Dinas Perhubungan ( Dishub) Kota Semarang dikumpulkan dan mengikuti pembacaan ikrar. Mereka diminta menjalankan aturan dan tidak memungut tarif lebih mahal dan dari ketentuan, yaitu Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil.
Dengan suara lantang Budi Mengucapkan ikrar anti- pungli dalam apel di Halaman Balai Kota Semarang, baru- baru ini. Dengan sikap berdiri tegap, sang juru parkir di Ruko Karangturi itu berjanji menolak semua bentuk pungli, termasuk saat menarik retribusi parkir.

Ia pun mendukung ikrar anti- pungli tersebut. Ia berharap, ikrar ini dijalankan teman- temannya sesama juru parkir lewat cara memungut retribusi parkir sebagaimana aturan yang berlaku.

Ketua Tim Sapu Bersih Pungli ( Saber Pungli ), AKBP Enriko Sugiharto Silalahi mengatakan , ikrar anti- pungli ratusan juru parkir ini untuk membentuk pemahaman juru parkir. Sekaligus, bentuk pencegahan tindak pungli
Sementara itu Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik, menjelaskan, pihaknya masih mendata area parkir dan juru parkir resmi di Kota Semarang. Dari data yang pernah ada di Dishub, juru parkir resmi mencapai 700 orang.
Agar bekerja sesuai aturan, kata Khadik, pihaknya secara rutin memberikan pembinaan kepada para juru parkir. Mulai dari sistem kerja hingga sistem pemungutan retribusi. Meski demikian, diakuinya banyak juru parkir yang masih melanggar.

Dikatakan pula oleh Ketua Tim Saber Pungli Semarang Enriko, sejak dibentuk, pihaknya telah melakukan tiga kali penindakan terkait pungli. Dan ketiga kejadian tersebut merupakan pungli perpakiran. Modusnya, memungut retribusi parkir melebihi ketentuan. Ketiganya hanya dikenai tipiring ( tindak pidana ringan ).

Meski begitu , Enriko mengakui, tak semua pungli perpakiran bisa ditindak Tim Saber Pungli. Kondisi ini berlaku jika pungli terjadi di tempat parkir yang dibuka masyarakat umum.

Agar tak terulang, Enriko menyatakan, pentingnya memberi pemahaman kepada juru parkir.(na) ****

Filed in: Uncategorized

Comments are closed.