4:18 am - Wednesday July 18, 2018

PATI REHAB BAGUNAN BERSEJARAHNYA – GARAPAN BUPATI DAN WABUP JUGA SEKDA-KAB.

RADAR PKRI JATENG – PATI.  Pasangan Bupati Haryanto dan Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekretaris Daerah Suharyono bersama – sama melestarikan budaya lokal dengan merehab rumah dinas bupati dan pendapa bangunan peninggalan Bupati Condronegoro III sekitar tahun 1837.

Beberapa kali dijabat Bupati, pelaksanaan rehab hanya sebatas anggaran interior saja dan hanya dilabur setiap tahun penganggaran dengan menggunakan kapur putih. Akibatnya yang semakin tebal oleh kapur putih dan membuat kayu jatinya tidak nampak sehingga semakin jelek merusak unsur jati yang digunakan.

Setelah hampir 2 abad jabatan Bupati Haryanto dan Wakil Bupati Saiful Arifin bersama Sekretaris Daerah : Suhatyono yang adalah mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, merehab kembali interior gedung menjadi seperti semula kala dengan papan papan dan memunculkan blandar bangunan yang nampak kayu jati asli dan diplitur rapih.

Pembangunan rehab atap semula dari beton diganti atap keramik dengan ornamen tiang dari tembaga, biaya dilelang melalui tender untuk rehab rumah dinas Bupati Senilai Rp. 2, 9 milyar lebih yang dikerjakan PT Aneka Tata Sarana dan Rehab Pendapa biaya Rp. 1, 8 milyar lebih dikerjakan CV Rahmawati,

Kini Gedung ini akan semakin menarik untuk dilihat dan tentunya dapat membuat kagum bagi tamu yang datang dari daerah lain dan datang berkunjung untuk melihat hasil penataan baru bangunan ini.

RED : TEAM

Filed in: Kultur Budaya

Comments are closed.