11:42 am - Saturday November 18, 2017

PEMERINTAH JATIM, SIAPKAN BIBIT PADI UNGGUL UNTUK TINGKATKAN PRODUKSI.

Bibit Padi Andalan, Pemerintah Jatim. Siapkan!!!

Bibit Padi Andalan, Pemerintah Jatim. Siapkan!!!

Jatim. Investigasi dan Liputan. Upaya meningkatkan produksi padi nasional masih menjadi perhatian serius pemerintah guna menekanangka impor beras dari luar negeri. Salah satu upaya yang digagas Kementerian Pertanian, yakni menyiapkan bibit padi unggulanyakni Hibrida Sembada.

“Masyarakat jangan hanya asal tanam benih saja. Padahal capeknya sama, biayanya sama. Tapi dengan benih unggulproduksinya jauh lebih besar, naik hingga tiga ton per hektare,” kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melalui siaran pers,Senin (31/10).
Ia menuturkan, banyak petani Indonesia yang sekadar menanam padi saja tanpa mempertimbangkan benih. Padahal, kata dia,pemilihan benih padi hibrida atau unggul berpengaruh terhadap produksi panen.
“Kami kini mulai mengalokasikan benih hibrida subsidi dan gratis untuk petani di seluruh Indonesia untuk satu hingga dua jutahektare dan benih subsidi minimal untuk empat hektare. Lahan tersebut sudah 34 persen dari lahan pertanian di Indonesia,”katanya.
Menurutnya, penyediaan benih tersebut menjadi gerakan bersama, bukan saja dari perusahaan, kelompok tani, tetapiperorangan bisa berkontribusi. Selain itu, pihaknya mengaku akan lebih mempermudah izin benih lokal yang unggul.
Adapun bibit unggul yang kini mulai disebar oleh pemerintah di antaranya IPB 3S, Inpari, dan Hibrida Sembada. Tiap jenis itumemiliki hasil panen lebih banyak dibanding varietas lain.
Ia menyontohkan, padi jenis hibrida sembada mampu menghasilkan 9-12 ton gabah kering panen per hektare. Padahal hasilpanen benih non-unggul maksimal hanya 5,5 ton per hektare. Kenaikan hasil panen itu berdampak positif terhadap pendapatanpetani. Jika per hektare bertambah 3 ton, secara nasional penghasilan petani padi naik Rp 120 triliun.
Selain bantuan benih, pemerintah terus memanjakan petani dengan memberikan bantuan alat pertanian, memperbaikiinfrastruktur irigasi, dan penyaluran asuransi bagi tanaman padi yang diterjang bencana alam. Adapun tujuannya mencapaiswasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. (afr).
Agus Budianto&Team Jatim.
Filed in: Uncategorized

Comments are closed.