3:11 pm - Thursday November 24, 5983

Pemkab Sergai Gelar Suasana Idul Fitri di Sergai Berlangsung Aman dan Meriah

Pemkab Sergai Gelar Suasana Idul Fitri di Sergai Berlangsung Aman dan Meriah

 Sholat Ied

PKRI-Investigasi, Sei Rampah

Setelah sebulan penuh umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, dan akhirnya meraih Hari Kemenangan yang jatuh pada 1 Syawal 1436 Hijriyah bertepatan pada Jum’at (17/7). Begitu juga dengan masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang merayakan Hari Kemenangan tersebut. Suasana peringatan Hari Raya Idul Fitri 1436 H di Tanah Bertuah Negeri Beradat berlangsung aman dan meriah meskipun diwarnai dengan hujan yang cukup deras, akan tetapi tidak menyurutkan semangat masyarakat di daerah ini untuk menyambut Hari nan Fitri ini  penuh sukacita serta melakukan silaturahmi dengan sesama umat muslim.

Pada pagi harinya ratusan masyarakat berduyun-duyun mendatangi lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri yang dimulai pukul 07.30 WIB. Hadir dalam pelaksanaan shalat tersebut  Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si beserta seluruh keluarga masing-masing, Ketua MUI Sergai serta sejumlah pejabat Pemkab Sergai. Bertindak sebagai Imam pada sholat Ied H. M. Thoyib dan sebagai Khatib Drs. H. Usman Batubara MA dengan menguraikan khutbahnya berjudul “Puasa Ramadhan dan Idul Fitri Sebagai Dasar Peningkatan Solidaritas Sosial”.

Dalam khutbahnya Al-Ustadz Drs. H. Usman Batubara MA mengatakan bahwa sebagai umat muslim hendaknya senantiasa bersyukur kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, ma’unah, taufiq dan hidayah-Nya, terutama nikmat Iman, Islam, kesehatan dan umur yang panjang sehingga kita dapat merampungkan ibadah puasa sebulan penuh dan mempertemukan kembali dengan hari yang sangat mulia dan penuh kebahagiaan yakni  Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan bagi semua umat.

Terlebih bagi orang yang telah memperoleh apa yang dijanjikan Allah SWT yakni pengampunan dosa yang lewat dan akan datang sehingga menjadi suci seperti bayi yang baru lahir. Seperti dalam sabda Rasulullah yang artinya “Bulan Ramadhan adalah bulan yang Allah mewajibkan atasmu berpuasa, dan aku mensyariatkan bagimu ibadah pada malam harinya. Maka barang siapa yang berpuasa dalam bulan Ramadhan dan beribadat dimalam harinya karena iman dan mengharapkan ridho Allah keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana seorang bayi yang baru keluar dari perut ibunya” (HR. Ibnu Maah dan Al-Baihaqi).

Dijelaskan al-Ustadz Usman Batubara ukuran keberhasilan  seseorang dari berpuasa adalah seberapa jauh perubahan positif yang ada pada dirinya, seberapa bersih hati nuraninya dan seberapa besar pula peningkatan ketaqwaan yang diperolehnya. Dan diantara ciri-ciri ketaqwaan dan kembali kepada kesucian serta berhasil menjadi hamba Allah yakni pertama, tumbuhnya kejujuran, berpuasa merupakan amalan pribadi yang menjadi rahasia antara pribadi dan Allah. Kedua, tumbuhnya empati dan rasa solidaritas sesama umat, dengan kita berpuasa menahan lapar, dahaga dan nafsu kita dapat merasakan apa yang dirasakan para fakir miskin. Kemudian yang ketiga, tumbuhnya akhlakul karimah, keluhuran dan amal saleh menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang menjalankan ibadah puasa seperti sifat berlapang dada, pemaaf, jauh dari rasa dendam dan sakit hati.

Diakhir khutbahnya Ustadz Usman mengajak semua jammah agar pada hari yang mulia dan berbahagia ini, marilah kita lebur perasaan angkuh, merasa benar sendiri, perasaan tidak pernah bersalah dan mau memaafkan karena tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak bersalah dan berdosa.

 

Bupati Sergai Gelar Open House Idul Fitri 1436H

Usai melaksanakan sholat Ied, pada siang harinya  Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman menggelar open house di rumah dinas Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah yang dihadiri para unsur FKPD, PNS serta masyarakat umum dari dalam maupun luar daerah yang ingin bersilaturrahmi.

 

 Gema Takbir Idul Fitri 1436H

Sementara pada malam sebelumnya, Kamis (16/7) dilaksanakan Gema Takbir untuk menyambut 1 Syawal 1436 H tingkat Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di rumah dinas Camat Tanjung Beringin. Acara tersebut dihadiri  Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres AKBP Guntur Agung Supono, S.IK, Wakapolres Kompol Ricky Kertapati, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Staf Ahli Bupati, SKPD dan Camat, Ketua MUI, unsur Muspika Tanjung Beringin serta masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa dalam suasana Idul Fitri 1 Syawal 1436 H semua masyarakat dapat merasakan kegembiraan, karena pada Lebaran ini manusia kembali ke fitrah serta meraih kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Akan tetapi Bupati Soekirman mengingatkan bahwa kegembiraan yang dirasakan tetap dalam koridor yang mencerminkan adat istiadat masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Diakhir sambutannya Bupati Soekirman berpesan bagi para remaja yang melaksanakan takbiran maupun sedang bepergian agar dalam mengendarai kendaraan jangan kebut-kebutan di jalan raya, jaga selalu keselamatan diri kita.

 

Teks Photo :

SHALAT IED : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi bersama Ketua DPRD H. Syahlan Siregar ST dan keluarga beserta masyarakat Sergai tengah melaksanakan Shalat Ied 1 Syawal 1436 H dengan imam H. Thoyib di lapangan bola kaki Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Jumat (17/7). B. Rajagukguk

Filed in: Investigasi PKRI

Comments are closed.