7:51 pm - Saturday September 23, 2017

Pemohon, Kuasa Pemohon VS Ketua Pengadilan Agama Balikpapan..!!!! Woiiiii Seru banget Nie Beritanya.

PKRI – Balikpapan.┬ákisah piluh dan lelah yang dijalani oleh sriatun, sambungan dari berita sebelumnya. Nama Sriatun dan Rafiah, Nenenk usia 70an tahun mengeluh kepada Redaksional PKRI Investigasi melalui Kuasa Hukumnya yakni Anak Tirinya sendiri dari Anak, Alm Istri Pertama H. Pandang.

Berawal dari Tahun 2013 tepatnya diawali dengan adanya perencanaan penggelapan Lahan Tanah atas Nama Jula Beli dalam Segel yang dibeli Oleh Alm. Haji Pandang dari pemilik lahan pertama tepatnya tahun 1994, segel asli terlampir.

Si Nenek Menandatangani Cap Jari pada surat permohonan Kuasa Kepada Nama Totop Troitua ST MSi

Si Nenek Menandatangani Cap Jari pada surat permohonan Kuasa Kepada Nama Totop Troitua ST MSi

Merasa dilecehkan oleh karena Nama Orang tuanya yang sudah almarhummah, Jariah merasa tidak terima dan dirinya merasa berdosa jika tidak mengabulkan permintaan Nenek dari pada Istri ke tiga Alm. Haji Pandang yang sah, untuk mengajukan isbat nikah ke Pengadilan Agama, berikut informasi persyaratannya sebagai berikut :

  1. Photocopy KTP (Pemohon dan Termohon).
  2. Photocopy Kartu Keluarga(KK).
  3. Surat keterangan tidak tercatat dari KUA tempat pernikahan.
  4. Surat keterangan kematian (Jika salah satu ada yang sudah meninggal dunia).
  5. Kartu Identitas Pensiun serta SK terakhir bagi PNS.
Link Refren : http://www.aseparif.com/cara-syarat-pengajuan-isbat-nikah-di-pengadilan-agama/

setelah berjalan tiga tahun kasus ini ditangani oleh Pihak POLDA KALTIM di Subdit Renakta, Jahria merasa kelelahan dan kehabisan peluru untuk pekerjaan ini sehingga akhirnya Jahria mendapatkan tawaran teman nya untuk memberikan kuasa dan menunjuk Totop Troitua untuk menjadi pihak mediasi dan Kuasa Nenek dalam penanganan dan penyelesaian kasus nenek. dari saat itu Totop alis Roy mengikutin dan jalannya kasus ini di kepolisian yang kemudian berjalan dengan baik diakibatkan perumusan perumusan dengan kepala dingin (Musyawarah). yang kemudian dimunculkan surat pernyataan bersama seluruh ahli waris di kantor Subdit VI REKNATA POLDA KALTIM yang bertanda tangan dibawah materai 6000. namum kisah baru munul yang terjadi salah satu ruang kantor Pengadilan Agama yang mana dua hari sebelumnya Totop menghadap ke bagian Panitera Muda untuk memohon pembuatan Isbat Nikah tersebut, dimana pihak Panitera Muda memberikan petunjuk dan saran sesuai aturan untuk permohonan isbad nikan sang nenek yang sudah 70an tahun ini dengan jalan dibuatkan permohonan dengan pemohon pengaju adalah Hakim Pengadilan Agama, dan kemudian Ibu Panitera Muda menunjuk salah satu Hakim yang membuatkan pengajuan permohonan isbat.

dua hari setelah itu Nenek mendatangi kantor Pengadilan Agama untuk menghadap dan bertemu kepada Hakim yang dimaksud tersebut untuk mediasi dan tanya jawab sebagai data pengesahan surat permohonan pengajuan Isbat yang dimohonkan langsung oleh Salah satu Hakim PA ini. sayang sunggu sayang ke esokkan harinya surat pengajuan yang seharusnya ditandatangi oleh Hakim dan dibayarkan bea admin sebagai mana tatalaksana yang ada tidak terjadi akibat Hakim Ketua Pengadilan Agama Kota Balikpapan mempertanyakan bahwa ini tidak bisa dikarenakan poin No. 3 tersebut diatas yakni Surat Keterangan tidak Terdaftar dari KUA yang menurutnya dalah bahwa Nenek tidak terdaftar di KUA setempat dan menyimpulkan bahwa Nenek tidak berhak untuk memgajukan permohonan Isbat Nikah itu hingga akhirnya permohonan dibatalkan. Red-Totop Troitua Penanggung Jawab Redaksi.

NB : Mohon saran dan Keritikan dari pada Pengadilan Agama Prov KALTIM dan Mahkama Agung Ri akan hal ini.

Filed in: Hukum Kriminal

Comments are closed.