4:19 am - Wednesday July 18, 2018

CERPEN – “PENYAKIT MASYARAKAT”

PENYAKIT MASYARAKAT

Palembang 09 Juli 2018

Adalah semacam Penyakit yang berkaitan langsung dengan gangguan ketertiban sekaligus menyangkut keamananan kese harian aktivitas masyarakat. (Kamtibmas). Yang marak terjadi pada akhir akhir ini dan hampir merata disetiap daerah pedesaan maupun perkotaan berupa perjudian, pemalakan, pak ogah, minum minuman keras, penyalah gunaan narkotika dan yang tidak kalah meresahkan adalah aksi para BEGAL (curas).

Selayaknyalah patut mendapat kan apresiasi bagi aparat penegak hukum, dalam hal ini KEPOLISIAN/KAPOLRI yang telah serius memberikan perintah pada jajarannya untuk bertin dak “tegas” menanggulangi tin dak kejahatan begal(curas), itu dapat kita saksikan ada begal yang dilumpuhkan bahkan ter tembak mati karena coba coba melawan petugas aparat kepolisian. Guna memberantas habis kejahatan dengan segala bentuknya itu, pastilah tidak semudah rencana/teori dan pelaksanaannya.

Telaah dan pengamatan penulis pada beberapa daerah pedesaan di Sumatera selatan berkena’an dengan kendala yang dihadapi POLSEK POLSEK, antara lain luas wilayah jarak jangkaun tidak sebanding dengan jumlah keku atan (personel), sarana prasarana POLSEK itu sendiri dalam ben tuk tindakan preventif /pencegahan, padahal tindakan preven tif dimungkinkan dapat merupakan tindakan awal pemberantasan kejahatan atau penyakit masyarakat lainnya.

Sarana jalan yang terbatas, melintasi perairan medan yang rawan, hal ini perlu perhitungan serta pertimbangan serius dalam pelaksanaan tugas kepolisian.Hal demikian ini juga menjadi penyebab keengganan masyarakat memberikan laporan kejadian yang disaksikannya, ti dak terkecuali kejadian yang dia laminya sendiri, (Laporan kejadian adalah penunjang tindaklanjut penyelidikan/penyidikan).

Tentang perilaku sosial, ketidak pedulian sebahagian anggota masyarakat mengenai penting nya kamtibmas adalah hal lain yang memerlukan telaah dan pengamatan kita semuanya anggota masyarakat, tidak hanya dengan bergantung kepada pihak aparat penegak hukum semata. Diharapkan oleh karenanya kejahatan ataupun penyakit masyarakat lainnya yang meresahkan masyarakat dapat terkikis sampai titik terendah tentunya.

Author : Theo Syafe’i

 

 

Filed in: PKRI News, Ragam Kejadian

Comments are closed.