3:37 pm - Wednesday September 21, 1988

PERPRES GUNA TKA DALAM RENCANA KERJA MEGA PROYEK “BUTUH KESANGGUPAN SDM LOKAL”

RADAR PKRI INDONESIA. JAKARTA,  Pemerintah tengah menyiapkan aturan anyar dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) untuk mempermudah izin kerja tenaga asing (TKA) di Indonesia. Aturan tersebut bakal menjadi payung hukum tentang tenaga kerja asing (TKA) khusus yang bakal bekerja di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tujuan utama dari aturan tersebut adalah mendorong transfer keahlian pada bidang-bidang belum dikuasai tenaga kerja Indonesia. Bila keahlian yang dimiliki tenaga kerja Indonesia sudah mumpuni dan kompeten, tentu, kehadiran tenaga kerja asing dapat digantikan.

“Jadi kita banyak keahlian yang belum cukup untuk men-support proyek-proyek yang miliaran dolar, kita kasih saja dulu waktu ke mereka, kita kasih 3-4 tahun sambil dia melatih orang Indonesia untuk menggantikan nantinya. Karena kalau hanya SDM dalam sendiri, itu tidak akan proyek cepat selesai dalam bidang tertentu,” ungkapnya di sela-sela acara Jakarta Food Security Summit 4, di JCC, Jakarta, Jumat (9/3).

DokRed merdeka.com.

Filed in: Uncategorized

Comments are closed.