2:24 pm - Wednesday November 22, 2017

PJ Bupati:Bumdes Wadah Tepat Dalam Mengelola Aset Desa

pj-bupati-kampar-pengelolaan-aset-mampu-memandirikan-desa

  PKRI News,Kampar-Riau. Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan wadah yang tepat dalam mengelola aset Desa bersama Kepala Desa, karena apabila aset Desa dikelola dengan baik, maka Desa tersebut mampu mandiri serta mampu menghidupi masyarakat desa itu sendiri. Banyak aset Desa yang sebenarnya belum terkelola dengan maksimal, hingga pedesaan selalu menunggu uluran bantuan dari Pemerintah. Hal ini disampaikan Pj.Bupati Kampar Syahrial Abdi ketika membuka secara resmi Silahturrahmi Dan Temukan Ramah Pj.Bupati Kampar dan Pimpinan PT. Bank Rakyat Indonesia dengan Pengurus Bumdes, Kepala Desa dalam Rangka Sosialisasi Dana Bumdes Penempatan Dana Desa 2017 serta Peluncuran Agen BRILink Bagi Bumdes di Kabupaten Kampar diaula Kantor Bupati Kampar, Kamis (12/01/2017).

Sumber daya yang ada Didesa selama ini bukan kita yang mendapatkannya tetapi orang lain yang mendapatkan. Peluang yang ditawarkan BRI dalam membantu mengelola aset Desa, ini merupakan cita-cita kita belasan tahun yang lalu bagaimana kita diberikan otonomi Desa yang seluas-luasnya ucap Pj.Bupati Kampar.

Syahrial Abdi juga menambahkan Apabila aset Desa dapat dikelola dengan baik oleh Aparatur desa melalui Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) maka Ketergantungan kita terhadap bantuan Pemerintah bisa berkurang sekaligus membantu meringankan beban Pemerintah.

Bagaimana cara kita meningkatkan kemampuan mengelola desa dengan cara tingkatkan produktifitas lakukan efisiensi pengelolaan dana pengeluaran kas desa. Hal ini berkenaan dengan kondisi teratur bangsa ini, hal ini bisa menjadi solusi dari berbagai masalah keuangan di Desa saat ini ungkapnya pula.

Selain itu Syahrial Abdi juga mengatakan Bumdes dan Kepala Desa harus mampu menangkap peluang aset Desa, tidak lagi bergantung dari bantuan dari Pemerintah, sehingga pertumbuhan ekonomi berkembang dari pinggiran Desa masuk ke perkotaan.

Ada beberapa peran Bumdes dalam meningkatkan kemampuan Desa diantaranya Meningkatkan perekonomian desa meningkatkan pendapatan asli desa Meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengannkebutuhan Masyarakat Dan Meningkatkan pembangunan desa, dan pemberdayan Masyarakat Desa ujar Syahrial Abdi.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Surya Budhi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari 600 bantuan dari Kementerian Desa, Kabupaten Kampar mampu mendapatkan 10, bantuan ini hanya diberikan kepada dua Daerah diantaranya Palembang Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Riau yakni Kabupaten Kampar.

Ditambahkan Surya Budhi Memang bantuan ini belum mengakomodir seluruh Bumdes yang ada dikabupaten Kampar karena keterbatasan bantuan dari Kementerian Desa maka bantuan ini diperuntukkan bagi 10 Bumdes dikali 50 juta rupiah, bantuan ini berupa bantuan Los pasar, semenisasi jalan pasar, parkir untuk kendaraan yakni tiga desa, Desa Tanjung Alai, Desa Suka Mulya dan Desa Teratak.

Dalam kesempatan Silaturrahmi tersebut Pj.Bupati Kampar Syahrial Abdi juga secara simbolis menyerahkan perangkat BRIlink yang akan dioperasikan di 10 Desa dikabupaten Kampar, selain itu peserta yang terdiri dari seluruh Bumdes dan Kepala Desa yang ada dikabupaten Kampar juga menerima sosialisasi peluncuran BRIlink.

Red:Unandra

Filed in: Ekonomi Bisnis

Comments are closed.