4:13 am - Friday September 22, 2017

Plh Bupati Sergai : Teknologi dan Kualitas SDM Dukung Swasembada Pangan

Plh Bupati Sergai : Teknologi dan Kualitas SDM Dukung Swasembada Pangan

 Panen Padi8

Sei Rampah,   PKRI-Investigasi.

            Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) akan terus mendukung program Pemerintah  dalam mencanangkan program swasembada pangan melalui kegiatan intensifikasi dan eksentifikasi pertanian diseluruh Indonesia. Sasaran akhirnya adalah mampu mencapai kedaulatan pangan, sehingga rakyatnya hidup makmur dan sejahtera, Demikian disampaikan Plh. Bupati Sergai Drs. H. Haris Fadillah,M.Si saat menghadiri kegiatan Panen Padi dan Temu Lapang Teknologi Produksi Padi Sawah.

 

Kegiatan ini merupakan program antara Pemkab Sergai dengan Pemerintah Jerman yakni German International Cooperation (GIZ) dibawah payung kerjasama German Food Partnership (GFP) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Republik Indonesia yang dipusatkan di lahan pertanian masyarakat Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Selasa (15/9).

 

Lebih lanjut Plh Bupati mengatakan bahwa kegiatan yang juga didukung oleh Better Rice Initiative Asia (BRIA) merupakan upaya peningkatan produksi padi dalam rangka mempertahankan swasembada beras dan peningkatan ketahanan pangan dilakukan melalui perluasan areal tanam dan peningkatan produktivitas,Perluasan areal tanam dilakukan melalui peningkatan Intensitas Pertanaman (IP) dari 1 (satu) kali tanam menjadi 2 (dua) kali tanam dan dari 2 kali tanam menjadi 3 (tiga) kali tanam dalam setahun dengan komoditi palawija dan sayuran/buah-buahan semusim dengan perbaikan jaringan irigasi. Sedangkan produktivitas dilakukan melalui penerapan teknologi baru seperti penggunaan benih unggul bersertifikat, perbaikan cara bercocok tanam, penggunaan pupuk berimbang, pengaturan penggunaan air, pengendalian hama terpadu dan perbaikan pasca panen, ujar Haris Fadillah.

 

            Mengakhiri sambutannya Plh. Bupati Sergai berharap kepada kelompok tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang telah mengikuti program ini agar mengimplementasikan pengetahuan sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, Turut hadir pada kesempatan itu perwakilan BPTP Sumatera Utara Ir. Akmal M.Si, Regional Direktur BRIA Mr. Suriyan Vichitlekarn, Kadis Pertanian dan Peternakan Sergai Ir. Safaruddin, Kepala BP2KP Ir. Setyarno, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Tanjung Beringin, Camat Sei Bamban, PPL Kecamatan dan para anggota kelompok tani se-Kabupaten Sergai serta kelompok tani dari Kabupaten Langkat.

 

            Sebelumnya Regional Project Director BRIA Mr. Suriyan Vichitlekarn  menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut serta mendukung kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik dan sukses. Disamping itu juga untuk meningkatkan antusiasme dan percaya diri petani agar mempunyai kemauan untuk saling berbagi pengetahuan khususnya dibidang pertanian. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini petani di Kabupaten Sergai dapat meningkatkan produksi padi dan juga menambah pengetahuan terkait praktek budidaya padi terbaik, ujarnya.


Pada kesempatan yang sama Perwakilan Kepala BPTP Sumut Ir. Akmal M.Si dalam sambutannya sangat mengapresiasi program ini karena untuk meningkatkan hasil pertanian, ada dua cara yaitu dengan memanfaatkan teknologi pertanian serta meningkatkan luas lahan. Dikaitkan dengan program BRIA, Dinas Pertanian Provsu merasa sangat terbantu karena teknologi tidak ada apa-apanya jika tidak ada sumber daya manusia yang menguasainya. Untuk itu pihaknya menyambut baik program ini dan diharapkan agar kedepannya lebih dimantapkan lagi. Pihak Litbang Pertanian siap menjalin kemitraan dengan siapa saja yang mau mengupayaan peningkatan produksi padi Indonesia. “Semua pihak harus bergerak terkhusus petani, demi mempertahankan ketahanan pangan dalam negeri kita,” serunya.

 

Pada panen padi di demplot petani desa tersebut dengan lahan seluas 1 Ha didapatkan menghasilkan 7,5 ton yang sebelumnya 6 ton dengan kata lainmeningkat sekitar 15% dari biasa. Selanjutnya kegiatan ini turut diisi dengan Lomba Kelompencapir antar kelompok tani guna mengasah pengetahuan dan keterampilan petani dalam praktek pertanian. ( )



 

Teks Photo :

PANEN PADI: Plh Bupati Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si didampingi Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. Safaruddin, Kepala BP2KP Ir. Setyarno  bersama Perwakilan BPTP Sumatera Utara Ir. Akmal M.Si, Regional Direktur BRIA Mr. Suriyan Vichitlekarn sedang memanen padi pada kegiatan Panen Padi dan Temu Lapang Teknologi Produksi Padi Sawah kerjasama Pemkab Sergai  dengan GIZ melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI  yang dipusatkan di lahan pertanian masyarakat Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Selasa (15/9). Photo :  B. Rajagukguk

 

Sei Rampah 15 September 2015

 

 

Filed in: Investigasi PKRI

Comments are closed.