9:31 am - Saturday November 18, 2017

Potensi Pertambangan dan Energi – Bandung Barat.

Kebutuhan Energy Nasional Banbar – tiga pembangkit listrik utama yaitu PLTA Saguling, Cirata dan sebagian Jatiluhur.

PKRI Investiagsi – Bandung Barat. Kabupaten Bandung Barat memenuhi kebutuhan energi nasional dengan tiga pembangkit listrik utama yaitu PLTA Saguling, Cirata dan sebagian Jatiluhur.Disamping itu PLTA Cisokan akan dibangun dengan pumped storage di Kecamatan Rongga dengan kapasitas 1.040 MW. Pembangkit listrik ini menambah posisi strategis untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi daerah. Disamping itu, Tangkuban Perahu yang letaknya di Kecamatan Lembang memiliki potensi cadangan geothermal sebesar 190 MW. Pengembangan Bio Ethanol dari singkong akan segera diintensifikan di beberapa kawasan di Kabupaten Bandung Barat. Sumber energi yang terbaru ini menunggu para investor untuk mengembangkan potensinya. Industri di Kabupaten Bandung Barat setiap hari mengkonsumsi 1200 ton batubara. Hal ini menunjukan bahwa kebutuhan energi di Kabupaten Bandung Barat dapat dipenuhi dengan berbagai macam sumber yang ada.

Potensi Pertambangan
Kabupaten Bandung Barat mempunyai potensi pertambangan
antara lain :
A. Batu Andesit dengan luas 61,84 Ha yang tersebar di Kecamatan Padalarang, Batujajar, dan Cililin
B. Pasir dengan luas 26 Ha yang tersebar di kecamatan Padalarang,Cipatat dan Cikalong Wetan.
C. Marmer dengan luas 7,7 ha tersebar di Kecamatan Cipatat dan Padalarang. Produksi marmer yang dihasilkan sudah masuk pasar luar negeri berupa lantai, dinding, interior kamar mandi, dapur dan halaman / taman
D. Kapur dengan luas 15 Ha tersebar di Kecamatan Padalarang dan Cipatat
Potensi Penyediaan Air Bersih
Kebanyakan penduduk di Kabupaten Bandung Barat dalam memenuhi kebutuhan air bersih dari sumur terlindung (112.215 Rumah tangga) dan terbanyak kedua dari mata air terlindung. Penggunaan air ledeng PDAM) relatif masih sedikit, sedangkan ketersediaan sumber air bersih sangatlah memadai seperti sungai citarum dan anak sungainya, sungai Cimeta, sungaiLeuwi Layung, reservoir waduk Saguling dan Cirata serta dari beberapa sumber mata air yang banyak tersebar di Kecamatan Padalarang, Ngamprah dan Parongpong, sehingga membuka peluang bagi investor dalam penyediaan air bersih./Dok Hms Banbar.

Mimin Hidayati PKRI Investigasi.

 

Filed in: Uncategorized

Comments are closed.