2:17 am - Thursday December 13, 2018

Seni dan Budaya


Kota TUA Mosul
Riwayatmu kini

sumber fhoto : wikipedia

MOSUL Ibukota Governorat Ninama, tiga kota terbesar di Irak setelah Bagdad dan Basra dimuara disungai Tigris dengan jumlah penduduk(thn 2002), sebanyak 1.739.800 jiwa dan luas wilayah 180 km2.

Pada masa lampau, pada saat Mosul dibangun siapakah yang pernah membayangkan kemudi an, akan ada manusia berkehen dak kota tua Mosul menjadi puing puing berantakan, berserakan (seperti gambar diatas) bercampur dengan sisa sisa jenazah disana sini (yg tidak mengerti apa, tidak berdosa semasa hidupnya) membusuk dan belum sempat dimakamkan.
Selintas, demikian adanya kota Mosul pada saat sekarang ini. 90% luluh lantak,hancur. Lantas mari luangkan fikir menghitung dibutuhkan berapa lama, waktu yang diperlukan guna melihat, membersihkan puing reruntuhan bercampur mayat mayat yang berserakan itu ? Kemudian membangunnya kembali, yang sudah barang tentu tidak mungkin tertata unik seperti asalnya semula.
Terlalu mengerikan… merenungi hilangnya akal sehat manusia yang dengan bangga memelihara ambisi dan keangkuhan,mengalir kencang pada jejemarinya kemu dian tega menekan tombol tom bol, pelatuk pelatuk mesin mesin kematian memporak porandakan peradaban,kebudaya an sirna seketika kehidupan oleh genangan darah dan air mata anak anak, perempuan perempuan, yang tak berdosa…

Penyair, seniman, dan siapaun ia dan masih menyimpan dalam hati nuraninya rasa kecintaannya pada TUHAN SANG MAHA MENGASIHI,MAHA SEGALANYA, PEMILIK SEKALIAN ALAM SEMESTA telah kehabisan kata melukiskan itu bencana.
Kenapa tidak memulai saja bermohon, bermunanajad kehadiratNYA, membiarkan negeri merah putihnya Indonesia tercinta tetap laksana mutu manikam dunia, santun dan beradab….
Karena BANGSAKU tidak pernah takut berperang, tetapi tidak pernah MENYUKAI BERPERANG.
JAYALAH INDONESIA !
NKRI SELAMANYA !

Palembang16 Juli 2018
Yudhistira

Filed in: Kultur Budaya, Liputan Politik, Pendidikan, Ragam Kejadian, Uncategorized

Comments are closed.