2:08 pm - Wednesday November 22, 2017

Suara Buruh Serikat Pekerja – Tolak Kenaikan TDL

Bandung Barat – Pekerja Serikat Buruh, Tolak DPRD Naikkan TDL.

RADAR PKRI News (RPN), Bandung Barat – Sejumlah buruh yang tergabung dalam berbagai serikat pekerja berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Bandung Barat. Mereka menuntut berbagai hal, di antaranya menolak kenaikan tarif dasar listrik. Massa berkumpul di halaman Kantor DPRD KBB sejak pukul 09.00 WIB. Perwakilan buruh secara bergantian menyampaikan orasi di atas mobil komando.

Ketua SPSI KBB Kuswana mengungkapkan, kenaikan TDL paling berdampak terhadap para buruh yang kebanyakan masih mengontrak rumah. Sementara, kontrakan rumah buruh rata-rata memiliki kapasitas 900 watt dan terkena dampak TDL.”Kami minta dewan yang terhormat agar menyampaikan rekomendasi kepada pusat agar membatalkan kenaikan TDL,” ujarnya dalam orasi di Kantor DPRD KBB. Selain TDL, buruh juga menyampaikan beberapa tuntutan lainnya, yakni agar Pemkab menetapkan upah minimum sektoral, membentuk dewan pengupahan, dan merevisi Perda Ketenagakerjaan. Selain itu, buruh juga meminta agar Kepala Dinas Tenaga Kerja KBB Iing Solihin bersikap koperatif dengan buruh.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD KBB Aa Umbara Sutisna mengaku akan menyampaikan semua tuntutan buruh ke DPR RI. Surat rekomendasi dari DPRD KBB langsung dibuat dan ditandatangani pimpinan dewan.”Hari ini juga, kami rekomendasikan tuntutan buruh ke pusat. Sekretariat dewan sedang menyiapkan rekomendasi ini. Semua pimpinan dewan siap tandatangan,” ujarnya di hadapan para buruh yang berunjuk rasa.***Riki/Yadi

Filed in: Ekonomi Bisnis

Comments are closed.