9:49 am - Saturday October 20, 2018

Target Akhir 2018 Tol Balikpapan – Samarinda Selesai, Pembebasan Lahan Capai 91%.

MABES PERS PKRI – KALTIM. Samarinda. Proyek Mega Raksasan Gagasan Pemprov Kalimantan Timur yakni Tol Balikpapan Samarinda dipastikan selesai akhir tahun 2018 ini. Baru Baru ini pihak PT, Jasa Marga melakukan kunjungan nya ke lokasi Proyek Tol dimaksud. Direktur Utama Pt. Jasa Marga Desi aryani yang berkunjung melihat kemajuan pembangunan konstruksi proyek Jalan Tol Balikpapan – Samarinda yang sudah mencapai 48 persen itu. menurutnya ini sudah sangat maksimal dan berjalan dengan cepat.

Sedangkan dalam aspek pembebasan lahan PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) anak usaha PT Jasa Marga Tbk yang menjadi kontraktor proyek tersebut telah berhasil mencatatkan kemajuan sebesar 91 persen. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Refly Harun mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh PT JBS, karena menurutnya, proyek ini mengalami progres yang sangat cepat.

Perkembangannya, menurut Refly, cukup signifikan dari kunjungan terakhirnya yang dilakukan pada bulan November 2017.

Selain mengunjungi proyek Jalan Tol Balikpapan – Samarinda, Refly juga menjadi pembicara pada acara Master of Training (MoT) yang diadakan di Kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai, Km 38, Samboja, Kalimantan Timur. Di hadapan 40 peserta yang terdiri dari berbagai perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan mitra Perkumpulan Forum Tenaga Ahli Lingkungan Indonesia (P-TALI), Refly mengatakan bahwa perencanaan pembangunan dan pembebasan lahan untuk proyek jalan tol yang diinisiasi oleh Jasa Marga dan anak usahanya selalu sesuai dengan regulasi yang berlaku yakni Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan izin lingkungan.

Menurut Refly, proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang melintasi kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto yang merupakan kawasan Hutan Konservasi sepanjang kurang-lebih 26 km telah memastikan bahwa dalam melakukan aktivitas pengelolaan jalan tol telah mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda telah memiliki perizinan di bidang lingkungan, antara lain persetujuan dokumen Amdal dan RKL-RPL dari Gubernur Kalimantan Timur, tentang Rencana Kegiatan Pembangunan Trase Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Warga dan masyarakat Kalimantan Timur sangat berharap atas kegigihan pihak perusahaan dan anak perusahan bersama Gubernur Kalimantan Timur dapat dengan segera merealiasasikan mimpi besar kalimantan Timur ini dan dapat dipergunakan sebagai saranan penunjang peningkatan bisnis dan usaha usaha lainnya.

RED-TT/lampang.

Filed in: Ekonomi Bisnis

Comments are closed.