11:42 am - Saturday November 18, 2017

Temuan Energy Listrik, Garapan Naufal dan Pertamina

PKRI CADSENA – Aceh. TNI-ad Safari Ramadhan 1438 H yang diselenggarakan di Kodam IM, Rabu (31/5/17), Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Ketua Umum Darma Pertiwi berkesempatan berbicara langsung kepada Naufal Raziq bocah asal Kota Langsa, Aceh.

Naufal, sang penemu energy listrik terbarukan.

Naufal Raziq merupakan salah satu bocah yang menemukan sumber listrik dari pohon kedondong. Walau hanya bocah Kelas 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri, tapi dia adalah penemu energi listrik dari pohon kedondong (Spondias Dulcis Forst).

Pada kesempatan tersebut, Naufal Raziq menyampaikan kepada Panglima TNI, bahwa untuk menghasilkan energi listrik (pada pohon kedondong), pohon itu dipasangi rangkaian yang terdiri pipa tembaga, batangan besi, kapasitor, dan dioda.

“Dari pohon kedondong itu, bisa menghasilkan daya sebesar 0,5–1 Volt per elektroda,” jelas Naufal Raziq yang merupakan putra pertama dari tiga bersaudara pasangan Supriaman dan Nyonya Deski.

Naufal menjelaskan, arus listrik yang dihasilkan sangat bergantung kepada kadar keasaman pohon. Melalui beberapa evaluasi dan perbaikan, penemuan pohon listrik itu telah mampu menerangi puluhan rumah di Tampur Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Langsa, Aceh, untuk pencahayaan lampu pada malam hari.

Penemuan Naufal ini memang tidak datang begitu saja, bahkan tidak hanya dari sekolah. Dukungan sang ayah sangat membantu dalam percobaannya tersebut.

Penemuan Naufal merupakan kisah sukses sinergi antara Pertamina dan masyarakat dalam menciptakan inovasi yang memberikan solusi bagi permasalahan yang ada. Ini perlu dicontoh oleh daerah-daerah lain di Indonesia. (Pendam IM)

Filed in: Investigasi PKRI

Comments are closed.