3:00 am - Tuesday April 23, 2019

Tim Keamanan Gabungan Siap Menjaga 4.369 TPS di Kabupaten Pati.

PATI – JATENG. Apel Pergeseran Pasukan digelar di Alun – alun Pati dalam rangka kesiapan pengamanan TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pemilu 2019 di Kabupaten Pati, Senin (15/4).

Dalam apel tersebut, diikuti oleh Bupati Pati, Wakil Bupati Pati, Sekda Pati, Forkopimda, jajaran Polres Pati, Satpol PP, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Komandan Kompi C 410 Alugoro Pati, Sub Brimob Pati, Danramil se – Kabupaten Pati, Para Polsek jajaran Polres Pati, serta para pimpiman Parpol.

Seusai apel dilaksanakan Bupati Haryanto dalam wawancaranya memberikan dukungan terkait strategi pengamanan yang akan dilakukan selama Pemilu berlangsung.

Haryanto juga mengaku bahwa demi terselenggaranya pesta demokrasi ini, pihaknya telah membantu dalam hal sarana prasarana.
“Terkait kesiapan dan pengamanan, kami mengimbau kepada para kades dan camat agar dapat memantau langsung proses pemungutan maupun penghitungan suara agar berjalan lancar dan tanpa persoalan,” tegasnya.

Sementara itu Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Ariyanto dalam apel menyampaikan, tujuan diselenggarakan apel ini adalah untuk mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana, sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pada tahap pemungutan dan penghitungan suara sehingga pemilu tahun 2019 terselenggara dengan aman, damai dan kondusif.
“Polri sebagai aparat penegak hukum, bertugas memelihara kamtibmas, bersama unsur TNI dan instansi terkait diberikan kepercayaan guna mengawal proses demokrasi ini agar berjalan damai, aman, jujur dan adil,” ungkapnya.

Untuk waktu pemungutan dan penghitungan suara, Kapolres mengaku akan menerjunkan 2/3 kekuatan di tiap TPS. Selain itu, pengamanan juga didukung oleh rekan – rekan TNI, Linmas dan Satpol PP.

Kapolres menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan personil yang siap di tiap zona. Hal ini, demi mengantisipasi bila timbul permasalahan yang terjadi di zona tersebut. “Terkait zona – zona rawan, tentunya kita sudah memetakan TPS – TPS, namun kita tetap berharap bahwa sebanyak 4.369 TPS berjalan aman. Kita tetap melakukan strategi dan pola pengamana khusus bagi zona yang rawan. Namun secara garis besar, TPS di Kabupaten Pati tergolong aman,” tandasnya. (Humas Setda Pati// red pkri Jateng)

Filed in: PKRI News

Comments are closed.