3:02 pm - Thursday December 14, 2017

Weeii Kasus Dugaan Korupsi Pada Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar Masuk Penyidikan

 tipikor

PEKANBARU – 25-08-2016. Kepolisian Daerah (Polda) Riau melalui Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Direktorat Pidana Khusus telah mengirim Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Tinggi Riau. SPDP itu terkait penanganan kasus dugaan korupsi pada Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar.

Kasus ini bermula dari temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Kampar terhadap anggaran tahun 2014. Kepala Inspektorat Kampar Helmi Syukra pun mengaku LHP itu sedang ditangani penegak hukum.

Dalam LHP itu, terdapat 41 item kegiatan dengan total Rp. 4.286.070.573 lebih yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa diantaranya seperti dana Pemberantasan Illegal Logging, anggaran kegiatan Inventarisasi dan Penanganan Kawasan Hutan Tidak Prosedural, Pengelolaan Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem, Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan dan anggaran Pengembangan Pengujian dan Pengendalian Hasil Hutan.

Karena persoalan ini, Inspektorat kemudian memberi teguran kepada Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar Mhd. Syukur dan Bendahara Pengeluaran.

Meski SPDP telah dikirim pihak kepolisian ke Kejati, namun proses ini masih pada tingkat penyidikan.

“Belum ada tersangka. Masih tahap penyidikan,” kata Kepala Sub Direktorat Tipikor Polda Riau AKBP. Wahyu Kuncoro ketika dikonfirmasi, Kamis .(***)

Redaktur Pelaksana: Unandra

Filed in: Hukum Kriminal

Comments are closed.