6:56 pm - Monday November 20, 2017

LOMBA PACU SAMPAN DANDIM CUP KODIM 0313/KPR DALAM RANGKA MEMERIAHKAN HUT KE – 71 RI TAHUN 2016

pacu-sampan-sungai-kampar-perlu-dijadikan-iven-tahunandamdim

damdi,4BANGKINANG SEBRANG,KAMPAR- Perhatian masyarakat tertuju pada Sungai Kampar. Sebuah iven Pacu Sampan Dandim Cup 2016 digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 71.

Pacu sampan tersebut dilaksanakan di Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang pada Jumat (19/8) dari pagi hingga sore hari. Tampak hadir di lokasi acara Bupati Kampar H Jefry Noer SH, Dandim 0313/KPR Letkol Kav Yudi Prasetyo, Ketua TP PKK Hj Eva Yuliana SE, Kepala Dinas Bina Marga Indra Pomi MSi, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata Sik. Turut berbaur dengan masyarakat, yakni para personil TNI dan Polri.

Bupati Kampar H Jefry Noer SH dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pacu sampan merupakan olahraga masyarakat yang perlu dilestarikan di Kabupaten Kampar. Sebab, olahraga ini merupakan suatu aplikasi dari kerjasama yang baik diantara tim untuk mencapai kemenangan. Lomba pacu sampan dilaksanakan guna meningkatkan sektor pariwisata yang ada di kabupaten Kampar. “Iven ini akan dijadikan agenda tetap, yang nantinya akan ditingkatkan dari tahun ke tahun. Tempat ini betul-betul akan dijadikan water front city,’’ucapnya.

Dikatakannya, masyarakat Kabupaten Kampar sangat antusias dengan berbagai macam hiburan, hal tersebut bisa dibuktikan dengan kehadiran ratusan masyarakat di lokasi acara. “Saya sangat mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, dan kepada masyarakat, tolong acara seperti ini didukung karena ini bernilai positif,’’ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0313 KPR, Letkol Kav. Yudi Prasetio saat memberikan sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan hiburan rakyat ini sengaja dilaksanakan agar peringatan HUT RI berkesan bagi masyarakat, dengan demikian, HUT RI bukan hanya acara seremonial belaka. Selain itu, tujuan utama dilaksanakannya pacu sampan adalah agar TNI bisa lebih dekat lagi ke masyarakat.

“Selain pacu sampan melawan arus sepanjang 200 meter, banyak lagi lomba lain yang kita laksanakan, seperti panjat batang pinang, lomba menangkap itik, dan lomba karaoke. Kegiatan ini diikuti oleh 44 tim gabungan dari seluruh lapisan masyarakat, yang terdiri dari Mahasiswa, SKPD, Polri, dan beberapa desa terdekat yang ada di aliran sungai kampar diharapkan dengan kegiatan ini juga bisa meningkatkan kebersamaan seluruh komponen bangsa,”jelasnya.

Dandim berharap, kegiatan ini bisa menjadi iven tahunan di Kecamatan Bangkinang, karena bisa berada di daerah aliran sungai merupakan nikmat yang sangat luar biasa yang tidak boleh kita sia-siakan, banyak sekali potensi yang bisa kita gali disini khususnya sebagai sekor pariwisata. “Piala Dandim CUP ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan. Saya sangat berharap, even ini bisa dilanjutkan setiap tahunnya meskipun kelak ketika saya sudah pindah tugas ke daerah lain,”harapnya.

Pemenang lomba pacu sampan pada Dandim CUP 2016 yang finalnya berlangsung sore kemarin yaitu Juara pertama diraih oleh Dinas PU Bina Marga, Juara kedua Desa Lubuk siam, juara ketiga Desa Sipungguk.(Unandra/rls)

Filed in: Kultur Budaya

Comments are closed.