3:14 pm - Tuesday December 18, 5410

Upaya Penanggulangan Karlahut Akan Maksimal Jika Di Dukung Masyarakat

upaya-penanggulangan-karlahut-akan-maksimal-jika-di-dukung-masyarakat

KAMPAR-Rabu 31-08-2016. Komandan Distrik Militer (Dandim) 0313/KPR Letkol Kav. Yudi Prasetio mengatakan segala upaya yang tengah dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) Kabupaten Kampar akan maksimal.

Hal itu dikatakannya saat Rapat Koordinasi Penyamaan Persepsi Sehubungan Dengan Peran Dan Tanggungjawab Masing-Masing Pihak Dan seluruh Komponen Tentang Sistem Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan di Aula Kantor Bupati Kampar yang dibuka oleh Asistem Administrasi Umum Setda Kabupaten Kampar Ir H Nurahmi MM yang mewakili Bupati Kampar dan dihadiri oleh Kepala Polisi Resort (Kapolres) Kampar AKBP Edi Sumardi Priadinata Sik, Kepala Dinas terkait, Camat, Kades se Kabupaten Kampar, perusahaan-perusahaan, unsur-unsur TNI dan Polri serta stakeholder yang terkait dalam Karlahut. Kamis, 31/8

“Kegiatan upaya Satgas Karlahut Kabupaten Kampar Tahun 2016 tetap berjalan dengan penuh semangat dan sinergis lintas instansi juga masyarakat”tuturnya

Dikatakannya, bencana Karlahut Tahun 2016 ini lebih baik penanganan dari pada tahun 2015, dimana tahun ini kita lebih siap dan bersinergi mengahadapi bencana Karlahut. Hal tersebut dikarenakan  selama ini kita sudah siap mengantisipasi setiap kejadian.”Ini terbukti di Kabupaten Kampar lahan yang terbakar lebih kecil dari pada tahun lalu, kemudian cuaca atau asap juga tidak begitu mempengaruhi lingkungan di wilayah kita”tuturnya

Berbagai upaya yang kita lakukan selama ini di antaranya pembuatan embung, sekat dan kanal serta sumur bor, kemudian kita sudah sosialisasi kesiapan operasional Karlahut dengan pembentukan masyarakat gotong royong pemadam api, patroli sosialisasi kepada masyarakat tentang ancaman membakar hutan dan lahan, membuat sayembara terhadap siapa saja yang menangkap membakar hutan/lahan dengan barang bukti akan diberikan hadiah dan menjadi warga kehormatan Kodim 0313/KPR.

Selain itu kita juga melatih kita laksanakan pelatihan penanggulangan Karlahut di Tingkat kecamatan dan perusahaan, penangkapan terhadap oknum pembakar lahan serta pemetaan terhadap area yang berindikasi siap dibakar.

Yudi juga menjelaskan Tim juga melaksanakan operasi khusu di desa Rimbo Panjang yakni sosialisasi dan patroli persuasif bersama, pemetaan dan operasi intelijen terhadap lahan yang bersengketa dan ada indikasi akan dibakar serta membagi tugas menjadi tugas untuk Tim tugas pemantauanm patroli dan penagkapan terhadap okum yang nakal serta tim khusus pemadaman dengan cepat dan efektif serta efisien .

Yang selanjut operasi Tapung serta operasi pemadaman cepat  diharapkan semua ini dapat mengatasi semua permasalahan yang ada .

Data yang di dapat tentang Karalahut kabupaten Kampar terjadi di desa Karya Indah Kecamatan Tapun KM6 seluas 2 heaktar, dan KM 11 seluas 1,5 heaktar, serta  Desa Sungai Putih 0.5 heaktar.

Desa Kijang Rejo Kecamatan Tapung Hilir 1,5 Heaktar, desa Sekijang seluas 2 heaktar, Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang  jalan Harapan Raya 0,5 Heaktar, Jalan Niaga 2/4 heaktar, serta jalan Swadaya 3,5 Heaktar dan terakhir Desa Naga Beralih Kecamatan Kampar (Unandra/rls) Redaktur Pelaksana:Unandra

Filed in: Pendidikan, Ragam Kejadian

Comments are closed.